Microsoft telah resmi merilis versi build 2004 terbaru untuk pembaruan fitur dan tingkat keamanan (security) ditingkatkan pada Windows 10.

Untuk user Windows 10 yang merasa belum melakukan update atau pembaruan versi build alangkah baiknya membaca sampai habis artikel ini.

Windows 10

Sebagai penulis artikel ini, saya ingin sharing sebagai user Windows 10 Professional x64 dengan menggunakan versi build 1903. Pada awal Agustus 2020 saya mendapatkan notif bahwa OS Windows 10 saya sudah bisa melakukan update ke versi build 1909 dan 2004.

Singkat cerita, saya melakukan update ke versi build ke 1909 dan 2004 tanpa melihat review atau ulasan user yang telah melakukan update, apakah ada hal positif atau negatif pasca update version.

  • cpu usage 100
  • drivet not installed
  • fps drop

Setelah Windows 10 saya terupdate dan selang waktu saya mencoba bermain game e-sport sontak FPS atau kualitas grafis yang ditampilkan menjadi buruk bahkan FPS (frame persecond) drop drastis. Padahal saya tidak melakukan perubahan settingan display pada game e-sport yang saya mainkan.

Setelah mendapatkan masalah pada FPS yang sangat drop, saya mendapatkan lagi masalah baru dimana ketika game e-sport yang saya mainkan menimbulkan grafis yang sangat bagus karena effect yang ditimbulkan pada game dan tiba-tiba PC saya menjadi Freeze beberapa detik dan langsung restart otomatis.

Masalah ini saya alami selama hampir tujuh hari, dimana saat itu saya belum menemukan pencerahan. Setelah saya mencari tahu diforum-forum ketemulah titik permasalahannya dan solusinya.

Disana banyak user seperti saya mengalami hal yang sama, ada yang FPS drop, Driver tidak support, CPU Usage yang 100% terus, Freeze sampai restart dan ada juga tiba-tiba BSOD (Blue Screen).

Akhirnya solusi yang saya lakukan adalah menguninstall kembali Windows 10 dan stay di versi build 1903 hingga sampai artikel ini saya buat. Kendala FPS drop sampai Freeze tidak ada lagi.

Namun untuk masalah ini beberapa user Windows 10 yang sudah update ke versi build 2004 belum mendapatkan case yang saya alami. Wich is, software memang cocok-cocokkan dengan beberapa hardware setelah mendapatkan versi update yang terbaru, apakah ada BUG atau masih BETA (belum final).

Nah, tips tadi semoga bisa membantu kamu tetap nyaman dan aman menggunakan Windows 10. Namun perlu diperhatikan jika ingin update karena versi 2004 tidak semua hardware support.

Jangan lupa, bagi info ini atau share ke grup keluarga dan teman juga supaya gak pusing lagi cari referensi yang berhubungan dengan teknologi.

Semoga artikel ini dapat bersifat edukasi untuk menambah informasi kamu terkait perkembangan teknologi. Jangan lupa baca juga artikel kami yang lain sebagai bahan referensi di >DISINI<.

Categories: Artikel